Rabu, 22 Juli 2009

Acuan Cetak Photopolymer Pad Printing

Acuan Cetak Photopolymer Pad Printing

Secara teknik pad printing merupakan proses gravure offset tidak langsung. Maksudnya bergantung kepada stensil untuk membawa gambar seperti dalampencetakan skrin,gambar untuk mencetak terbentuk dari pelat rata (kadang-kala silinder)seperti dalam pencetakan gravure. Tetapi keutuhan pelat(Cliche) ini juga sepenting dalam pad
printing disebabkan takrifan stensil adalah dalam pencetakan skrin.

Dalam beberapa tahun ini, beberapa pilihan pelat (cliché) baru telah tersedia dan ini telah menyebabkan kerja pemilihan untuk pelat (cliché) yang betul lebih
penting. Pelat (Cliché) yang berbeda memberi keperluan yang berbeda untuk penyediaan dan penyimpanan yang patut dipatuhi untuk mendapat keputusan yang terbaik. Dengan memahami apa pilihan pelat (cliché) yang tersedia dan membelajari bagaimana untuk menggunakan pelat ini dengan baik, akan dapat memperbaiki kualitas pada produk tercetak pad.

Ada beberapa teori telah dikemukakan berkenaan dengan sejarah pad printing dan bahan yang sedang digunakan. Mesin industri standard masa kini adalah berdasar pada peralatan yang digunakan dalam Switzerland, di mana pad printing dimajukan untuk pencetakanpermukaan jam dan jam tangan. Garis yang amat halus diperlukan, dan
pencetakan skrin tidak dapat mengatasi garis halus secara terperinci.

Pad printing dalam mesin seperti ini adalah dibuat dari gelatin, dan pelat
(cliché) dibuat dari tembaga yang diukir dengan tangan.

Industri keramik yang berpusat di Stroke-on-Trent England telah menggunakan proses pad printing selama 30 tahun untuk item yang lebih besar seperti pelat-pelat makan malam. Pada mulanya pelat(cliché) diukir dengan tangan. Ukiran seperti ini dimajukan dalam pengeluaran water-slide yang digunakan pada abad 1800. Beberapa tukang yang amat mahir masih menggunakan ilmu ini dalam mengukir pelat tembaga dengan mengguna peralatan unik. Kedalaman ukiran dibuat berbeda untuk memberikan tampilan warna yang berbeda. Kadangkala, pelat (cliché) perlu diukir terlebih dahulu sebelum dikrom. Di bawah ini contoh pelat tembaga klasik “Wedgewood Blue”.

Macam-macam pelat pad
printing adalah pelat keluli, pelat
keluli nipis, pelat logam unik, pelat
logam terpunar, pelat terukir
mekanikal dan pelat fotopolimer.

2.1. Pelat Keluli

Kriteria utama untuk pelat(cliché) ini adalah harus keras dan rata, dengan komposisi
penghabluran yang konsisten. Bahan yang digunakan untuk menghasilkan pelat ini adalah
keluli tooling bergred tinggi yang dikeraskan dan ditindihkan.Proses penyinaran biasanya dijalankan dalam trade houses, meskipun ada pengguna high-volume menghasilkan pelat (cliché) keluli sendiri.

Untuk mendapatkan pelat (cliché) berkualitas tinggi yang inginkan, seseorang perlu mengetahui 2 (dua) asas yaitu: (1) bagaimana plat ini dibuat? dan (2) apakah informasi yang perlu diambil? Keluli yang digunakan untuk pelat (cliché) ini adalah memiliki kekerasan optimum antara 62-64 Rockwell pada Scala C (Rc). Kemasan permukaan dalam mikroinci harus pada 6 CLA (centre line average, maksudnya kerataan permukaan adalah 6 mikroinci – 0.006 mil – berdasarkan perbedaan band-width). Kedalaman sinar biasanya adalah 25 mikron (0.01 in). Hal ini untuk membedakan penggunaan pelat, seperti mencetak pada keramik sampai dengan 65 mikron dan untuk
skrin tint sampai dengan 30 mikron. Pelat keluli tersinari secara kimia menghasilkan kualitas yang mampu bertahan lama, sehingga pelat tersebut dijadikan pilihan terbaik
untuk pekerjaan jangka panjang dan berkesinambungan. Pelat ini dapat dihasilkan dalam berbagai ukuran untuk menyesuaikan peralatan yang tersedia. Yang paling kecil berukuran 2 x 80 x 8 mm (0.008 x 3.15 x 0.315 in) untuk mencetak gambar yang
berukuran 2 x 80 mm. Pelat yang terbesar berukuran 1000 x 500 x 15mm (39.4 x 19.7 x 0.6 in).

Pelat ukuran ini digunakan untuk mencetak gambar yang banyak, bukan satu gambar saja dengan menggunakan satu pad. Gambar yang disinari secara kimia pada pelat menggunakan samada asid hidroklorik atau ferric chloride. Kemasan asid adalah hitam, sedangkan ferric chloride menghasilkan kemasan keluli berwarna. Ferric
chloride adalah bahan yang terbaik untuk digunakan kerena kurang 264 agresif dan lebih terkondisi. Ferric chloride juga menghasilkan permukaan tersinari dengan lancar dan lebih konsisten. Pelat keluli dihasilkan dengan meletakkan bagian emulsi positif film pada pelat dengan lapisan fotopeka(photosensitive). Setelah
disinari (didedahkan) dengan sinar UV, bagian non gambar pada fotorintangan (photoresist) dikeraskan dan bagian gambar akan dibasuh keluar. Pelat kemudian akan dikembangkan dengan asid hidroklorik atau ferric chloride, yang akan memunculkan
gambar di permukaan pelat. Suatu lapisan fotopeka digunakan pada pelat keluli dengan menggunakan peralatan yang khusus. Kekerasan dan konsisten salutan ini adalah kritikal. Pelat akan dikeringkan dan diperiksa dengan berhati-hati untuk menghindari
kecacatan di bawah cahaya. Positif film akan ditempel pada lapisan fotopeka, dengan bagian emulsi menyentuh dengan lapisan fotopeka.(Positif untuk pad printing menghasilkan “emulsion down”, maksudnya emulsi ada di bagian bawah film positif adalah right-reading). Pelat kemudian disinari dengan cahaya UV. Pada saat penyinaran, lapisan foto peka yang disinari dengan cahaya UV akan dikeraskan, manakala bagian gambar kekal lembut, seperti juga menyinari stensil pada skrin. Emulsi lembut dibersihkan pada saat developing. Gambar yang developed perlu diperiksa setiap menit, dan semua kecacatan akan dibetulkan dengan pengisi khas.

Pelat diperiksa dengan hati-hati, kemudian diletakkan melalui proses penyinaran, yang akan dilakukan oleh personel yang profesional yang akan memastikan kedalaman sinar. Periksa kedalaman akhir akan dilakukan untuk mengesahkan konsisten disepanjang penyinaran akan dibungkus dengan kertas corrosion-inhibiting sebelum dihantarkan.

Pelat Logam

Sistem pelat seperti ini mungkin sangat mahal, karena penyinaran dan permesinan yang
presisi diperlukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Alternatif lain yang
dapat digunakan yaitu sistem perindeksan pelat. Dalam aplikasi tertentu, sebagian penekan dilengkapi dengan kotak nomor khas yang membenarkan nomor kode untuk mengulang dengan cepat.

Untuk mencetak kode beberapa produk yaitu dengan mengosongkan sistem perindeksan pelat. Contoh ini menunjukkan suatu peralatan pelat (cliché) jenis drum, yang membenarkan pengguna untuk melanjutkan kode berikutnya dengan cepat. Cara menyimpan pelat (cliché) logam adalah
(1) Pastikan semua jejak dakwat telah disingkirkan dari pelat (cliché).
(2) Bungkuslah pelat (cliché) dengan kertas corrosion-inhibinting.
(3) Simpanlah di ruangan yang kering.

Yang perlu mendapatkan perhatian juga adalah cara membawa
pelat (cliché) agar tidak bersentuhan antara pelat satu dengan yang
lainnya karena ujung suatu pelat dapat mencacatkan permukaan pelat
yang lainnya.

Pelat Fotopolimer

Pelat fotopolimer adalah pilihan penting untuk siapa saja yang hendak menghasilkan pelat sendiri dalam rumah (in house). Pelat (cliché) pad printing fotopolimer dimajukan dari produk fotopolimer letterpress. Dibuat dari lapisan bahan fotopolimer plastik atau keluli.

Pelat seperti ini sangat ekonomis, untuk menghasilkan pelat (cliché) dalam rumah untuk jangka pendek dan kerja praktis. Pencetakan skrin telah mengambil bagian yang besar di pasaran, tetapi pad printing untuk disk gambar masih biasa. Di sini, pad printing dapat menghasilkan sampai dengan 50000 untuk empat warna bukan masalah yang luar biasa. Untuk mencapai cetakan selama ini dengan pelat (cliché) fotopolimer, kualitas dan pemprosesan yang amat berhatihati diperlukan. Setiap kelompok bahan fotopolimer perlu diperiksa dan kadar washout perlu dipakai. Dalam ketajaman sinar akan mengubah sepenuhnya keseimbangan warna gambar tercetak. Pelat yang tidak tersinari dan disimpan dalam lingkungan humidity-regulated dapat mengelakkannya daripada menghilangkan keupayaan peleraiannya.

Pengesetan pencetakan biasa memerlukan permulaan proses yang baik, tetapi tidaklah seperti situasi ini. Dengan mengikuti arahan pengilang, seseorang patut mendapat keputusan yang baik. Keperluan lingkungan, kesehatan serta keselamatan, dan peralatan
menjadikan kebanyakkan bengkel pad printing tidak pratikal untuk menghasilkan pelat (cliché) keluli tersinari sendiri. Jangka waktu pelat fotopolimer menjadi tidak konsisten. Dengan dakwat two-component, sebagai contoh, dakwat kadang-kala mempunyai kesukaran untuk membersihkan pelat setelah lejang doctor blade Apabila menggunakan pelat fotopolimer untuk menghasilkan contoh, perlu diambil perhatiannya yang ketebalan garis dalam gambar tercetak mungkin boleh ditinggikan sekiranya positif yang sama digunakan untuk menghasilkan pelat keluli untuk larian pengeluaran.
Dua jenis pelat fotopolimer adalah washout air dan alkohol/air. Pelat washout air, setelah penyinaran kemudian dilakukan pengembangan gambar dengan menggunakan air tanpa bahan tambahan. Pelat jenis ini adalah environmentally friendly disebabkan polimer tak tersinari ini yang washout pada saat development adalah biodegradable.
Secara mekanikal pelat fotopolimer alkohol/air lebih robust daripada polimer washout air. Tetapi pada saat menggunakan cairan washout alkohol/air, pengaliran udara yang baik diperlukan untuk melindungi pekerja dari resiko yang amat bahaya. Seperti juga dengan penggunaan pelat (cliché) keluli, skrin tint, perbedaan yang kelihatan pada
penggunaan pelat (cliché) fotopolimer yaitu cara pelat ini dipasang pada mesin. Biasanya, pelat fotopolimer dipegang dalam tempat melalui pemegang pelat magnetik dengan menggunakan bolt. Ini mempermudah cara memindahkan pelat tanpa membuat cacat permukaan pelat. Doctor blade yang fleksibel dapat meminimumkan penggunaan pelat (cliché).

Bahan dan peralatan yang digunakan untuk menggambar pelat fotopolimer adalah:
�� Unit penyinaran cahaya UV dengan vakum
�� Sink washout
�� Pad plush
�� Ketuhar (sehingga 212oF atau 100oC)
�� Skrin tint
�� Cairan washout
�� Botol himpitan
�� Plat peka cahaya

Tata cara penyinaran yang benar adalah :
1) Keluarkan film pelindung dari pelat.
2) Letakkan pelat pada dasar vakum unit penyinaran.
3) Letakkan positif di atas, emulsi dibagian bawah.
4) Lepaskan pelindung plastik di sepanjang pelat dan positif. Pastikan tidak creases atau wrinkles pada pelindun.
5) Hidupkan vakum. Pastikan yang positif adalah licin dan ke semua gelombang udara telah disingkirkan dari bagian pelat.
6) Atur waktu dan penyinaran pelat. Eksperimen harus dijalankan untuk mendapatkan waktu penyinaran yang betul dalam bengkel.
7) Oleng balik pelindung dan pindahkan positif, kemudian bukakan unit dan matikan vakum.
8) Untuk pelat terskrin di mana skrin tint tidak dimasukkan bersama dalam artwork, letakkan positif skrin pada plat, emulsi dibagian bawah. Ulangi tata cara penyinaran di atas.
9) Untuk pelat washout alkohol/air, basahkan sepenuh pad plush dengan cairan washout. Jangan menggunakan pad plush untuk pelat washout air – basuhlah pelat dengan air.
10) Basuhlah pelat kira-kira 1 menit, pastikan pad plush tidak sampai kering. Bagian tersinari polimer akan dibuang, meninggalkan bagian tersinari yang telah dipolimerkan.
11) Bilaskan pelat dengan cairan washout bersih (air) dan keringkan dengan udara termampat atau kain chamois. Gambar akan dikembangkan dengan sepenuhnya, tetapi pelat masih lembut. 274
12) Untuk pelat washout alkohol/air, letakkan di tempatnya yang diatur pada suhu 80oC (176oF) selama 15 menit untuk mengatur cairan washout yang terserap oleh polimer. Gunakan tatacara yang sama untuk plat washout air, tetapi dipanaskan selama 30 menit. Proses pengeringan adalah untuk mempengaruhi kekuatan pelat.
13) Selesai pengeringan, sinari pelat (cliché) dalam unit penyinaran selama 2 menit tanpa positif. Ini akan mengeraskan bagian washout.

Kamis, 16 Juli 2009

Kembali JW Marriott di BOM

Hari ini jam 8 kembali terjadi ledakan di JW Marriott dan Ritz Carlton. Adapakah ini?? Disaat hari-hari kedatang Tim MU ke Indonesia kah? atau masalah Politik ? atau memang ada orang-orang yg ingin menghancurkan negeri ini?? Yang pasti skrg ini gw turut berduka atas korban tewas atas peristiwa ini.

Detik.com melansir bahwa Presdir Holcim Indonesia menjadi korban tewas ledakan di JW Marriott. Timothy Mackay meninggal dunia di RS Medistra, Tebet Jakarta Selatan. Menurut Dedy, pagi ini Mackay sedang berada di Hotel JW Marriott guna mengadakan pertemuan bisnis. Namun dia sendiri tidak mengetahui pertemuan tersebut.

"Ketika ledakan terjadi Pak Tim memang sedang berada di Marriott, namun langsung dibawa ke Rumah Sakit Medistra," imbuh Dedy.Menurut tayangan berita dari berbagai televisi saat ini sudah 10 orang tewas. Bebagai gedung perkantoran strategis kini memperketat penjagaa. Seperti di BEI dan SCBD.

BOM di 2 hotel mewah ini langsung berdamapak pada IHSG yg merosot. Pada perdagangan Jumat (17/7/2009) langsung merosot hingga 51,552 poin (2,43%) ke level 2.066,398 hanya 10 menit setelah pembukaan. Sementara rupiah juga ikut melemah ke 10.150 per dolar AS.
Dan rupiah pun diprediksi akan merosot. Kejelasan mengenai ini BOM atau kecelakan sangatlah dibutuhkan, agar investor pun mengetahui apa yg sesungguhnya terjadi. Jika ini sebuah kecelakaan, tentu investor akan dengan jelas memahami peristiwa bukan sebuah teror.

Rupanya peristiwa ini membawa dampak yg sanagt besar bagi bangsa ini. Para bloger update dengan tulisan peristiwa ini, pengguna Facebook, hampir rata-rata menulis status tentang BOM JW Marriott dan Ritz Calrton. Bangsa ini memang mudah sekali tersulut persatuannya.. sedikit saja persoalan menyangkut negeri ini semua kompak mendukung negeri ini. Betul-betul bangsa yg hebat. Jaga terus persatuan bangsa ini dan jangan biarkan pihak-pihak yg tak bertanggung jawab menghancurkan negeri ini.

Rabu, 15 Juli 2009

Teknik Jilid

Teknik Jilid

Jilid lem disebut perfect binding atau padding seperti cara yang digunakan untuk
menjilid notepad atau notebook. Bagian pungung buku disapukan lem dengan lem dingin atau lem panas, ketika lem mengering maka lembaran-lembaran halaman
menjadi menyatu. Proses penjilidan lem ini dilakukan dengan menggunakan mesin otomatis. Buku-buku yang akan dijilid, dipotong pada bagian punggung buku, kemudian punggung buku dilintaskan melalui alat pengasar (milling station)
dan terakhir diberi lem atau perekat panas dan dingin. Pada buku-buku yang menggunakan sampul keras (hard cover), dalam proses pengeleman blok buku diitambahkan
kain kasa untuk memperkuat jilid buku.

Dalam rangkaian selanjutnya, blok buku yang telah diberi perekat disatukan dengan cover buku. Sistem pengeeleman dilakukan dengan dua cara yaitu lem dingin
dan lem panas. Blok buku yang dijilid dengan menggunakan lem dingin, harus didiamkan beberapa saat dan kemudian digabungkan dengan cover buku. Sedangkan
sistem jiilid dengan lem panas, dalam hitungan detik lem akan merekat dengan
keras dan buku lengkap deengan covernya siap untuk dipotong bersih. Teknik jilid ini dipakai untuk penjilidan majalah dan buku dengan ketebalan sekitar 2 inci atau 5 centimeter seperti pada buku novel, buku telepon, dan katalog.

Jahit benang yaitu teknik jilid yang menggabungkan dua atau lebih lipatan-lipatan
halaman dengan menggunakan jarum dan benang. Jahitan pada punggung lipatan(memanjang) untuk membuat satu unit lipatan dan jahitan melintang untuk
menggabungkan satu lipatan dengan lipatan berikutnya.

Untuk membuat buku menjadi lebih kuat, jahitan dilakukan pada kain kasa. Punggung buku kemudian diberi lem, dan helai/lembar pelindung dilekatkkan pada halaman pertama dan halaman terakhir buku. Jahit benang dilakukan secara otomatis dengan menggunakan mesin jahit benang (swing machine).

Jahit kawat - Teknik jilid yang banyak dilakukan untuk menyatukan lembaran-lembaran tercetak yaitu dengan jahit kawat (wire staples). Mesin jahit kawat bekerja
seperti stapler sederhana yang banyak digunakan di perkantoran. Dengan menggunakan
kawat U yang ketebalannya disesuaikan dengan ketebalan buku. Jahit kawat disarankan untuk ketebalan buku tidak lebih dari 100 halaman. Teknik jahit kawat adalah cara termudah untuk menjlid dan buku dapat dibuka secara datar.

Jahit kawat buku dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pada bagian punggung buku(saddle stitching) dan pada bagian sisi buku atau jahit kawat samping (side stitching). Jahit kawat samping membuat buku sulit dibuka secara datar.
Sumber: Majalah PrintPack riview

Teori Desain grafis


Apa itu Desain Grafis

Karya Seni identik dengan suatu yang unik. Oleh karenanya seorang seniman dalam melahirkan karyanya selalu mencari bentuk, bentuk baru. Untuk itu diperlukan sesuatu yang unik. Ini berarti sesuatu yang belum pernah atau mungkin jarang dipakai oleh seniman lain pada karya-karya sebelumnya.
Definisi Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

Desain Grafis juga merupakan ilmu yang mempelajari tentang media untuk menyampaikan informasi, ide, konsep, ajakan dan sebagainya kepada khalayak dengan menggunakan bahasa visual. Baik itu berupa tulisan, foto, ilustrasi dan lain sebagainya. Desain grafis adalah solusi komunikasi yang menjembatani antara pemberi informasi dengan publik, baik secara perseorangan, kelompok, lembaga maupun masyarakat secara luas yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi visual.

Sebagaimana layaknya informasi yang disampaikan menggunakan bahasa lisan (suara) yang dapat disampaikan secara tegas, ceria, keras, lembut, penuh gurauan, formal, dan sebagainya dengan menggunakan gaya bahasa dan volume suara yang sesuai, Desain grafis juga dapat melakukan hal serupa. Kita dapat merasakan sendiri setelah membaca sebuah berita (tulisan), melihat foto atau ilustrasi, melihat permainan warna dan bentuk dari sebuah karya design yang berbentuk publikasi cetak, nuansa yang ditimbulkannya. Apakah informasi itu tegas, formal, bergurau, lembut, anggun, elegan dan sebagainya.

Kenapa kita dapat merasakan hal itu? Kenapa obyek publikasi itu bisa menimbulkan kesan dan pesan sesuai dengan yang ingin disampaikan hingga dimengerti oleh kita sebagai pembaca? Jawabannya adalah karena adanya unsur-unsur design dan prinsip-prinsip design yang ada dalam sebuah karya design tersebut, baik disadari maupun tidak disadari oleh pembuatnya.

Ada beberapa tokoh menyatakan pendapatnya tentang desain grafis :
Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai " aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri". Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
Sedangkan Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com/ mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.

Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.

Menurut Michael Kroeger visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).
Warren dalam Suyanto memaknai desain grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.
Sedangkan Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan

Kategori Desain Grafis
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
2. Web Desain: desain untuk halaman web.
3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain professional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.

Bidang Komunikasi Grafis

Komunikasi Grafis merupakan bidang profesi yang berkembang sangat pesat sejak Revolusi Industri (abad ke-19) disaat informasi melalui media cetak makin luas digunakan dalam perdagangan (iklan, kemasan), penerbitan (koran, buku, majalah) dan informasi seni budaya. Perkembangan bidang ini erat hubungannya dengan meningkatnya kesadaran akan manfaat yang dapat dipetik dari keakuratan penyampaian informasi pada masyarakat.

Perkembangan di atas juga dipacu oleh kesadaran yang makin tinggi pada efektivitas bahasa rupa (visual) dalam komunikasi masa kini. Bila pada awal munculnya mesin cetak abad ke-15 istilah bidang ini adalah“graphic arts” yang masih dikonotasikan dengan seni, maka abad ke-20 istilahnya menjadi “graphic communication” atau juga “visual communication”. Hal ini menggambarkan peranan komunikasi sebagai
kunci profesi dalam bidang ini.

Saat ini peranan komunikasi yang diemban makin beragam: informasi umum (information graphics, signage), pendidikan (materi pelajaran dan ilmu pengetahuan, pelajaran interaktif pendidikan khusus), persuasi (periklanan, promosi, kampanye sosial) dan pemantapan identitas (logo, corporate identity, branding). Munculnya istilah “komunikasi visual” sebenarnya juga merupakan akibat dari makin meluasnya media yang dicakup dalam bidang komunikasi lewat bahasa rupa ini: percetakan / grafika, filem dan video, televisi, web design dan CD interaktif.

Perkembangan itu telah membuat bidang ini menjadi kegiatan bisnis yang sekarang sangat marak melibatkan modal besar dan banyak tenaga kerja. Kecepatan perkembangannya pun berlomba dengan kesiapan tenaga penunjang pada profesi ini. Karena itu perlu disiapkan suatu standar yang dapat jadi acuan bagi tenaga kerja dalam profesi ini, baik dalam posisinya dalam jenjang ketenagakerjaan maupun dalam perencanaan pendidikan penunjangnya.

Standardisasi yang saat ini dibuat tak mungkin menahan laju perkembangan bidang Komunikasi Grafis. Tetapi dengan melihat apa yang telah terjadi baik di negeri orang maupun di negeri sendiri, diharapkan usaha membuat acuan dapat mengantisipasi cukup panjang menghadapi perkembangan bidang ini.

Komunikasi Grafis dan Komunikasi Visual
Tugas penyusunan kompetensi ini adalah pada bidang Komunikasi grafis, istilah yg diberikan oleh Dikmenjur setelah berkonsultasi dengan Ditjen Grafika. Kata Grafis sendiri mengandung dua pengertian:
(1) Graphein (lt.= garis, marka) yang kemudian menjadi Graphic Arts atau Komunikasi Grafis,
(2) Graphishe Vakken (bld=pekerjaan cetak) yang di Indonesia menjadi Grafika, diartikan sebagai percetakan.
Dalam pengertian ini Komunikasi Grafis adalah pekerjaan dalam bidang komunikasi visual yang berhubungan dengan grafika (cetakan) dan/atau pada bidang dua dimensi dan statis (tidak bergerak dan bukan time-based images).
Dasar terminologi perlu untuk menjelaskan beda antara Komunikasi Grafis dengan Komunikasi Visual.

Komunikasi visual merupakan payung dari berbagai kegiatan komunikasi yang menggunakan unsur rupa (visual) pada berbagai media: percetakan / grafika, luar ruang (marka grafis, papan reklame), televisi, film/video, internet dll, dua dimensi maupun tiga dimensi, baik yang statis maupun bergerak (time based).
Sedangkan Komunikasi Grafis merupakan bagian dari Komunikasi Visual dalam lingkup statis, dua dimensi, dan umumnya berhubungan dengan percetakan / grafika. Dalam lingkup terminologi ini standar kompetensi Komunikasi Grafis dibuat.

Bidang profesi Komunikasi Grafis meliputi kegiatan penunjang dalam kegiatan penerbitan (publishing house), media massa cetak koran dan majalah, periklanan(advertising), dan biro grafis (graphic house, graphic boutique, production house). Selain itu komunikasi grafis juga menjadi penunjang pada industri non-komunikasi (lembaga swasta / pemerintah, pariwisata, hotel, pabrik / manufaktur, usaha dagang) sebagai inhouse graphics di departemen promosi ataupun tenaga grafis pada departemen public relation perusahaan.

Pekerjaan Komunikasi Grafis meliputi olah gambar/images (gambar ilustrasi, fotografi), olah teks/tipografi (cipta dan susun huruf) dan penggabungan unsur teks dan images ke dalam rancangan/design yang siap dilaksanakan. Dalam kenyataan di lapangan, situasi kegiatan komunikasi grafis di Indonesia tak sepenuhnya seperti diagram umum di atas. Olah huruf / type design & typography yang di beberapa negara maju merupakan profesi khusus ( mendesain font / typeface, hand lettering, tipografi / olahan tata huruf ) di Indonesia tak berkembang menjadi bidang profesi tersendiri (pernyataan Bp. Danton Sihombing MFA pakar bidang huruf). Di Indonesia olah huruf pada era digital dikerjakan sendiri di komputer oleh desainer ataupun operator atas petunjuk desainer. Meski ada juga yang olah huruf khusus seperti hand lettering dan Kaligrafi tidak merupakan bidang spesialisasi profesi yang berkembang baik. Karena itu dalam standar kompetensi komunikasi grafis ini olah huruf/tipografi tak dibuat sebagai sub-bidang kompetensi tersendiri, tetapi menjadi subkompetensi untuk sub bidang desain grafis.

Bidang Komunikasi Grafis dipilah menjadi 3 sub-bidang:

Desain Grafis: merancang / menyusun bahan (huruf, gambar dan unsur grafis lain) menjadi informasi visual pada media (cetak) yang dimengerti publik.

Ilustrasi: menampilkan informasi dengan ketrampilan gambar tangan dan penuangan daya imajinasi.

Fotografi: menampilkan informasi dengan ketrampilan menangkap cahaya melalui kamera dankepiawaian memilih / mengolah hasil bidikan.

Sumber: berbagai sumber..

Senin, 13 Juli 2009

Lirik Lagu


“ You and I “
( Celine Dion )

High above the mountains,
far across the sea
I can hear your voice,
calling out to me
Brighter than the sun and darker than the night
I can see your love,
shining like a light
And on and on this earth spins like a carousel
If I could travel across the word,
the secrets I would tell

[ chorus ] : You and I
Where meant to fly higher than the clouds
We`ll sail across the sky
So come with me and you will feel
That we`re soaring, that we`re floating up so high

`Cause you and I were meant to fly
Sailing like a bird high on the wings of love
Take me higher than all the stars above
I`m burning, yearning gently turning round and round
I`m always rising up I never want to come back down fly

[ chorus ] : You and I
Where meant to fly higher than the clouds
We`ll sail across the sky
So come with me and you will feel
That you and I were meant to fly
You and I were meant to fly

All about Love


Lighting jazz

Genap 1thn sudah, waktu berlalu terasa hampa. Tanpa kekasih dan sahabat yang slalu setia menemani,dan anehnya Aku justru merasa kehilangan sahabat dari pada kekasih. Sesaat setelah Aku putus dengan Vira, ada hal yang membuatku bingung dan penesaran. Vira mengatakan ”Cewek yang dikatakan Rei mungkin saat ini masih menunggumu!”
”Vir , tolong katakan siapa cewek itu ? Aku jangan dibuat penasaran seperti ini!”tanyaku memohon dengan sangat.
”Suatu saat kamu pasti TAHU! Tanyalah hati kecilmu, siapa sebernanya yang lebih berarti di Hatimu?”
Sejak saat itu Aku coba u/ mengerti apa yang dikatakan Vira dan Rei,tentang cewek yang misterius itu, yang diam mencintaiku begitu lamanya dan entah sebesar apa cintanya itu. Apa mungkin sampai saat ini setelah 7thn berlalu dia tetap menunggu? Lalu siapa dia itu??!! Kepalaku benar – benar pusing dibuatnya, ”Rei, coba kamu ada disini sekarang!Aku bisa curhat dan memecahkan tekateki ini. Kamu dimana Rei?”
Liburan kali ini Aku habiskan di Jakarta, ku temui teman – teman lamaku yang kebanyak kuliah di UI. Dan kebetulan anak – anak FE –UI lagi ngadain acara akhir tahun,yaitu acara rutin tahun musik Jazz Goes to Campus, dan biasanya Rei slalu datang.
”Apa maz ? Lo putus sama Vira ? cewek kece se- ITB ? becanda Lo! Kata Dito setengah ngeledek tapi kaget.
“Gua serius! Jawabku sedikit kesal. By the way ,Lo tahu tentang kabar Rei ?” tanyaku
“Lo? Nanya Rei ke Gua man? Ga salah tuh? Biasanya kan kalian lengket walaupun beda kota. Kalian yang tiap hari sms san gitu” jawab Dito dengan muka ngeledek abis.
”Klo Gua tahu ngapain nanya ma Lo! Gua dan Rei udah 2thn ga pernah komunikasi lagi. Dia kayaknya menghindar atau menghilang, Gua juga ga tahu. Yang pasti setelah dia ngomong soal hal itu dia ga pernah sms atau telpon lagi. Dia bilang sih Gua harus berusaha nyelesaiin permasalahan diri Gua sendiri.” Jelasku lagi.
”Memang Vira ga ngomong apa – apa setelah kalian putus?Tanya Dito sambil meneguk segelas cola.
”Vira Cuma bilang suatu saat nanti Gua akan tahu dan nemui siapa cewek itu! Tapi sampai sekarng pun Gua belum tahu juga.”jawabku setengah mikir dan meneguk segelas Orange Jus.
”Dia itu ........”kata Dito setengah – setengah, sementara Dimaz hanya mengerutkan dahinya menunggu kata –kata selanjutnya.
”Cewek yang ....slalu ada, dekat dengan Lo dan .... selalu ngasih perhatian dan nasehat saat kamu tanya dan butuhkan! Dan ga jauh – jauh dari kita – kita kok.” Lanjut Dito ragu dan hati -hati sekali takut temannya ini kaget dan nampar dirinya karena menyembunyikan hal ini. Semenrata itu Dimaz setengah mikir dan ngira – ngira siapa cewek itu, tiba – tiba hati dan pikirannya tertuju pada sebuah nama....
”Ga mungkin Dit,..Lo mau bilang dia itu Rei kan? Tanya Dimaz penasaran dan berharap
perkirannya salah. Justru jawaban yang diberikan Dito menambah penasaran Aku.
”Entahlah! Hal itu hanya hati Lo yang tahu! Jelas Dito sambil menempelkan telunjuknya ke dada Dimaz.
Aku pun berpikir apa mungkin? Rei? Dia yang slalu dengerin curhatanku,permasalahanku dengan Vira ataupun permasalahan lainnya. Apa mungkin perhatian dan kasihnya selama ini ..... Ahkk....... kenapa Rei ? kenapa kamu tak mengatakan itu dulu, dimana kamu sekarang Rei ? Vira dan Dito selama ini benar ,tanpa Ku sadari hatiku mempunyai perasaan yang sama, tapi itu semua terhalang oleh sebuah janji bahwa kami hanya sahabat. Pantas dulu Vira selalu cemburu kalo aku slalu bantu atau membicarakan Rei. Aku akui itu benar, mungkinkah Rei masih mencintaiku ? masih menungguku ???????...............
Cafe Cozzy ini dulu adalah tempat favoritku dan Rei semasa SMA dulu dan setelah kami berpisah u/ melanjutkan kuliah di kota yang berbeda. Banyak hal sering kami obrolkan disini sampai terkadang lupa waktu, mulai dari soal cewek atau cowok , soal balapan F-1 , sepakbola liga itali, musik, buku dan banyak hal. Atau hanya sekedar mampir u/ minum teh atau kopi, dan tentunya slalu duduk ditempat ini, meja no 8. Tempat paling favorit bahkan pemilik cafe sudah mengistimewakannya tak boleh ada yang duduk disini kalo kami datang, egois memang tapikan Aku bayar mahal disini. Dan angka 8 bagi Rei adalah angka hokinya. Saat aku akan duduk dan ditanganku membawa nampan berisi secangkir moccacino dan sepiring besar swandwich, ternyata dimeja itu sudah ada yang
menempati. Aku ingin marah tapi inikan beda lagi pula pemilik cafe ini separtinya sudah ganti, yang ada nanti aku malah diusir. Orang yang telah duduk lebih dulu itu adalah cewek cantik , tapi mungkin tak terlalu cantik hanya saja dia menarik, energik, penuh percaya diri. Dan separtinya dia sangat suka tempat ini biarlah aku ngalah, sebetulnya aku bisa duduk didepannya karena kosong tapi aku tak langsung duduk takut kalo – kalo ada pasangannya yang mungkin sedang ke toilet, yang ada nanti aku dimaki – maki. Tapi tiba – tiba cewek itu berkata “Kalo mau duduk. Duduk saja!itu kosong ko”.Katanya menawarkan tempat duduk sememtara dia asyik sibuk dengan laptopnya. Entah apa yang dikerjakannya,aku pun duduk. Sesekali kupandangi dia, walaupun dia berkerudung itu tak mengurangi kecantikannya. Sekarang ini malah banyak cewek seusia dia dan tentu aku senang dengan baju – baju seksi yang pusernya kemanamana,paha dan dada terbuka.seperti barang yang diobral murahan sekali. Kemeja biru dongker yang dipakainya sangat serasi dengan kerudung yang senada . Aneh padahal dilihat dari wajahnya yang kulihat sekilas dia ini seumuranlah dengaku tapi kenapa berpenampilan seperti wanita karir? Saking asyiknya memperhatikan dia aku sampai lupa menyantap makanan yang ku pesan ini. Sambil melahap swandwich mataku beralih pada lehernya yang tergantung ID card , oh .... rupanya dia pegawai station TV karna ditalinya bertuliskan salah satu station TV swasta terkenal di Jakarta ini. Dan aku begitu terkejut saat melihat dan membaca namanya, bukan tak sopan tapi aku kesal padanya masa cowok ganteng dan seplayboy aku di cuekin abis sama cewek yang kecantikannya tak seperti Agnes Monica atau Dian Sastro. ”Rei ? Tanyaku setengah kaget dan cewek itu akhirnya mengangkat wajahnya yang dari tadi asyik dengan laptop, dan saat cewek itu menatap dan memperhatikanku...
”Ya Tuhan ....... Dimaz ? .... kamu .... ”Jawab Rei kagetnya bukan main karena dapat kulihat dari expresi mukannya yang ku hapal betul dikala dia kaget, dia tak banyak berubah.
”Ya! Aku Dimaz dan kamu Rei kan ”?tanyaku karena dia belum mengiyakan pertanyaanku tadi.
“ Ma’af… iya aku Rei. Kamu ngapain disini? Tanya Rei kemudian dan melepaskan perhatiannya dari laptop tercinta.
“Nostalgia?! Kamu sendiri? Jawabku sambil meneguk secangkir moccacino. Rei mengangkuk pelan dan berkakata”Makan siang, kebetulan ada janji sama client tapi dia ga jadi datang. Bete sih jadinya, kok kita ngomongnya jadi aku kamu ya? Dulukan Lo Gua aja!
“Rupanya Lo sekarang jadi wanita karier nih?pantes ga pernah komunikasi lagi dan lupa sama Gua! Lo masih sering kesini ? Tanyaku lagi
”Lumayan. Ga kok biasa aja lagi, Gua kerja paruh waktu pagi kerja sore kuliah.” Jawab Rei sambil membereskan laptopnya.
“Masih kuliah di UI kan?”Lanjutku
”Ya. Gua ngambil jurusan UI – Kota! just qiding, he...he...he... Gua kuliah jurusan Advertaising. Sorry kalo Gua ga pernah hubungin Lo, bukan karena sibuk atau lupa . Sim card Gua hilang dan Lo tahu sendiri Gua ga pernah hapal no hp temen-temen “.Jawab Rei mencoba menjelaskan permasalahn yang terjadi. Tapi sepertimya Rei agak sedikit berbohong. Dan obroral pun bergulir tak terasa waktu kian senja dan Rei tampaknya harus kuliah dan dia juga sepertinya tak mau terlambat kuliahnya Mr. Agoes rugi dia bilang sih.
Dan akhirnya komunikasiku dengan Rei tersambung kembali. Kami pun jadi sering telepon dan sms, chating,makan siang bareng, jalan. Dan tentunya moment JGTC ini kugunakan u/ membuktikan rasa penasaranku dan minta ma’af pada Rei karena terlambat menyadari betapa besar cinta dan kasihmu padaku. “Lo mau kan nonton bareng Gua?”tanyaku ditelepon siang ini sebulum berangkat ke acara JGTC
“Mmm… Lo serius?”Jawab Rei balik tanya yang sepertinya sudah ada janji dengan yang lain tapi takut u/ menolak karena aku takut marah.
“Tentu! Kenapa? Lo udah ada janji sama cowok Lo?Jawabku seditik menebak dan berharap tebakkanku salah dan Rei mau kuajak
“Ga sih…Ok deh Lo jemput Gua di FISIP jam 6 sore! Jangan telat ya!Jawab Rei menyetujuinya. Jam 6 sore tepat aku jemput Rei di Parkiran FISIP, usai solat magrib kamipun jalan ke FE-UI yang jaraknya tak jauh dari situ. Acara memang sudah dimulai Sejas pukul 10 tadi pagi, tapi kami lebih suka acara atau pertujukan musik yang mulai dari jam 6 sore. Yang maen adalah para musisi jazz yng sudah senior dan TOP dan yang paling ditunggu adalah permainan Wayan Balawan. Musisi jazz muda asal Pulau Bali ini gape banget maennya, musik jazz, dia aransemen ulang dengan memasukan unsur musik Bali.
“Lagunya romantis ya? Tanyaku sambil tersenyum kecil, dan Rei mengerutkan kedua alisnya hinggá kedua ujungnya bertemu.
“Lo kok mendadak jadi romantis sih?Jawab Rei heran mengelengkan kepalanya.
“Gua romantis?? Couse You! Tegasku yang membuat Rei tambah heran dan salting. Dalam hatiku terus terucap kata- kata ” Comeon please Rei, kamu bilang kalo kamu masih mencintaiku dan berharap aku akan menerimamu.” Tapi justru suara tawa yang ku dengar dari Rei, sambil memukul pundakku pelan. “Siapa cewek itu Rei?Tanyaku lagi dan Rei langsung menghentikan tawanya.” Yang mana ? ” Jawab Rei yang tampak acuh dan menikmati musik jazznya. ” Jujur Rei ! cewek itu Lo kan ?” Tegasku sedikit menaikan volume suaraku karena kalah dengan sound yang ditimbulkan dari panggung. Jelas spontan Rei terkajut sampai menghentikan tepukan tangannya yang mengikuti alunan musik jazz malam ini. Lalu Rei pun hanya menatapku tanpa kata, dan ia pun menundukan mukanya dan tersenyum. ”Apa itu artinya ya ? Tanyaku makin dek-dekan dan ga sabar. Rei lalu memalingkan wajahnya masih dengan senyumanya itu. Dan aku makin ga ngerti apakah dia masih mencintaiku dan senyuman tadi pertanda ya?. Tiba – tiba sesosok pria bertubuh tinggi tegap kira – kira 180 cm, berpakaian rapi casual tapi tetap terlihat elegan, mencerminkan cowok metro seksual. Memanggil dan menghampiri Rei. ” Surpraise!” Sapanya pada Rei. Dan aku melihat Rei tampak kaget bukan main, siapa sih cowok ini berani – beraninya ganggu acara Gua.” Gerutuku. “ Tadi siang kamu bilang.....”jawab Rei
“Aku ingin kasih kejutan buatkamu. This ist for you” potong cowok itu seraya memberikan sekotak D`creps kesukaan Rei dan setangkai mawar merah. ”Kamu pasti lapar kan?”lanjutnya lagi. Astaga Gua sampe lupa ngajak Rei makan saking asyik nonton dan tadi Rei memang ngajak buru – buru nonton dan sekarang memang sudah jam 8 malam. ” Bodoh ! ” Makiku dalam hati kesal. ”Siapa sih nih cowok bikin Gua naek darah aja”geretu lagi. ”Atau jangan-jangan dia ini.....”
”Thanks .Oh ya, mas Don kenalkan ini Dimaz temen lamaku” Jawab Rei sambil memperkenalkan cowok itu sekaligus membuyarkan lamunanku.
”Oh... mmm... cute juga, pantes kamu naksir dulu. ” jawab Doni berbisik ketelinga Rei, tapi aku bisa dengar itu. ” Nice to meet you! Rei banyak cerita tentangmu.”Sapa Doni mengulurkan tangannya
Sambil membalas uluran tangan Doni ”Nice to meet you to”.jawabku singkat.
“Ya udah karma kamu adah ada yang nemani aku pulang,karma aku ga ingin ganggu acara kalian.” Lanjut Doni menambahkan
“Tapi mas…?”Tanya Rei sedikit kaku dan salting sambil menatap Doni penuh arti. Dan dimataku ini semua sebuah tanda tanya besar .
”Ok! Satu lagu aja ya aku temani?nanti pulangnya kamu antar kan maz?”jawab Doni seraya tersenyum. Aku mengangguk dan ga tau apa artinya. Dari cara bicara dan tingkahnya serta perhatian Doni pada Rei seperti perhatian seorang kekasih mungkin Doni adalah pacarnya Rei. Apa ini artinya aku terlambat???....Dan aku begitu tersentak ketika Rei berusaha meraih tangan kiriku oleh tangan kanannya dan kamupun tersenyum dengan expresi wajah yang mengakatan “Jangan pergi!” da n aku sedikit lega. Tapi lagi-lagi aku dibuatnya terkejut, kulihat tangan kiri Rei merangkul pinggang Doni, sementara itu tangan kanan Doni menarik kepala Rei kepundaknya. “ Gila!!”
Setelah peristiwa malam itu, Rei malah lebih akrab denganku,menemaninya makan siang atau pergi kesuatu tempat u/mencari sesuatu,atau apalah yang jelas hampir selama masa liburan aku dan Rei slalu bersama. Aku jadi berpikir ada apakah ini? Rei sudah punya pacar dan aku pun tahu itu tapi Rei meminta walau tanpa mengatakannya dengan langsung hubungan tanpa status ini tetap berjalan. Saat ini memeng bukan waktu yang tepat bahkan terlambat, tapi Rei mengatakan 1hal bahwa dirinya tak mungkin bisa melupakanku “ couse U is my frist love”. Itulah kata terakhir dari Rei setelah kami makan
Siang di café cozzy dikawasan kemang,dan kamupun pulang diantar Doni. Dan anehnya Doni tak pernah mencoba u/memberitahuku u/tidak mendekati Rei atau apalah sikap yang mnunjukan bahwa dia cemburu. Dan tatapan mata Rei saat itu seoalah – olah menharapkan bahwa kita bisa menjalin hubungan seperti yang kamu inginkan dulu dan kuinginkan sekarang, lalu bagaimana Doni? Rei slalu mengatakan kalo Doni itu tak pernah sedikit pun cemburu padanya dan tak sungguh – sungguh mencintanya, tapi bagaimana mungkin kalo hibungan itu bisa bertahan sampai 3tn. Tapi akupun tak bisa membohongi hatiku dan begitupun sebaliknya,hanya Rei yang bisa memahamiku akan kebiasan jelek & baikku, hobiku. Haruskah dan pantaskah aku merebut cintaku? Dari seorang Doni yang punya segalanya aku tak sepadan dengannya. Doni juga pangeran impian Rei, tapi knapa Rei? Masihkah kau mencintaku? Ahk..kk....hhhh.....Reeeiii......
Sore ini aku pergi jalan sendiri dan menolak ajakan Rei ,ya saat ini aku lebih memilih menengkan pikiran. Toko buku Gramedia jadi pilahanku, satu persatu kutelusuri deretan buku musik tak satu menarik perhatianku u/memebelinya, aku beralih ke Novel lama sekali aku disini ada satu buku yang sangat menarik isinya benar – benar menyentuh,dan cocok sekali dengan kisahku dan Rei. Aku berniat membelinya tapi tiba – tiba seseorang menyapaku” Hai ! Kamu Dimaz kan temennya Rei ?”Sapa Doni mengaketkanku saat asyik membaca.
“Kamu lagi cari Novel? Buat siapa? Rei?” cercanya tanpa memberiku kesempatan menyelanya dan dia langsung menyodorkan satu Novel serial Buffy ini memang Novel favoritnya.”Rei sangat suka ini! Ups sorry mungkin kamu lebih tahu segalanya tentang Rei.”lanjutnya. “ Thanks ! “jawabku dan langsung kekasir u/bayar karna Doni memintaku ke kedai coffe yang tak jauh dari situ. “Rei banyak cerita tentangmu dan aku penasaran ingin ketemu dengan orang yang telah berhasil meluluhkan hatinya u/pertamakalinya. Jujur u/mendapatkan Rei itu susah- susah gampang. Lalu, kedatanganmu sekarang, karena kamu telah sadar? Ingin membalas cintanya?Aku sih tak keberatan,karna aku tak bisa melarangnya. Asalkan kamu janji u/membuatnya bahagia dan tidak akan mengecewakannya lagi!”Jelas Doni. Sementara aku hanya terdiam sambil menikmati teh madu hangat.
”Aku memang baru sadar,tapi sayang datang disaat yang tak tapat lagi. SUDAH TERLAMBAT !”tegasku. ” Tidak! Rei masih mencintamu, itu yang dia katakan padaku dulu. Rei memang sangat berarti bagiku,dialah yang menyembuhkan rasa percaya diriku, dia juga yang telah menyemangatiku u/ terus berjuangan melawan kelumpuhanku 4thn yang lalu. Karna itu aku sangat bahagia dia mau menerimaku dan aku tlah berjanji u/ membahagiakannya. Aku tak ingin yang dulu kembali terulang ini bukan saatnya lagi bagiku u/main- main umurku sudah 30 sudah waktunya menikah,aku tak pernah membatasi pergaulan Rei dengan teman – temanya mungkin dimata Rei aku terkesan cuek dan tak pernah cemburu sedikit pun aku ingin Rei tetap jadi dirinya sendiri.”Jelas Doni lagi sambil meneguk secangkir coffenya. ”Nah, sekarang kalo kamu memang masih mau mendapatkan Rei belum terlambat, tapi kamu hanya punya waktu 2minggu saja! Karna kami akan menikah 2 minggu lagi. Manusia hanya bisa merencanakan tapi TUHAN yang menentukannya. Kalo pada akhirnya kamu adalah jodohnya Rei aku terima itu. Deel?”Tawar Doni membuatku makin terkejut. Aku pun menjabat tangannya
Hatiku hancur dan kacau sekarang apa yang harus kulakukan? Semua pilihan terasa menyakitkan. Dua pilihan yang berduri tapi indah seperti mawar saja.
Dan Rei masih mengangap Doni tak tahu kalo dia sering bohong. Rei slalu menolak ajakan Doni dan lebih memilih jalan denganku. Padahal aku tahu, Doni slalu mengawasi kemana pun kami pergi sama seperti saat ini, sehabis aku dan Rei nonton ”The Phantom Of The Opera” Doni ada disitu sama – sama nonton dan keluar , dia juga sempat menyapa kami dan parahnya Doni menyuruhku mengantarkan Rei pulang. Dan sebagai seorang laki –laki aku tahu jauh dihatinya dia sangat teramat cemburu,namun dia coba memberiku kesempat u/mendaptkan Rei. ”Gua heran sama Doni, dia kok kayaknya sedikit pun ga cemburu kalo Gua jalan dengan cowok lain terlebih Lo!”Komentar Rei saat perjalan pulang’Sapa bilang?Jawabku singat dan terus konsentrasi mengemudi.
”Coba aja Lo pikir sudah berapa kali Doni mergoki Gua jalan sama Lo?eh bukannya marah atau nyuruh Gua pulang bareng dia malah nyuruh Lo yang nganterin Gua!” Jelas Rei sedikit emosi.
”Lo ingin Doni cemburu? Terima lamarannya!” jawabku seperti tanpa beban. Dan jelas Rei tersentak “ Lo tahu dari mana kalo Gua dan Doni…?” tanyamu tambah heran.
“Rei Doni Sangat mencintaimu,dan dia sangat cemburu! Dengar Rei, dia ga pernah marah slama ini karna dia sangat mencintai lo dan dia ga mau kalo lo merasa terkekang dan dia ingin lo tetap jadi diri lo sendiri. Dan itulah caranya dia membalas cinta dan kasihmu slama ini padanya.”Jawabku sangat hati – hati. “Rei, hati dia tuh sakiiit! Sudalah jangan pernah lo dustai takdir lo,jangan pernah lo tinggalkan dia u/ Gua, karna Gua ga pantas mendaptkan lo, Donilah pria dan cinta sejati Lo dan dia juga pangeran impian lo kan?”lanjutku. “Maz, Gua pikir lo datang nemui Gua untuk membawa & meraih cinta lo? Tapi....” “ Awalnya ya. Tapi setelah Doni mengatakan semuanya aku sadar dia lebih bisa membuat lo bahagia dan mungkin dia benar kalo cintaku hanya karna rasa kasihan atau balas budi . Karna cintaku muncul setelah Dito dan Vira mengatakan tentang kebenaran hati lo, bukan karna gua telah dengan sadar dari dulu mencintai lo sejak awal. Entahlah gua juga....” potongku.
Tiba – tiba sebuah tamparan mendarat di pipiki, cukup keras hingga aku terpaksa menghentikan laju mobilku. “ Lo tuh bener – bener brengsek ya ! Dari dulu emang ga pernah mau ngerti. Lalu u/ apa sekarng lo datang?membuat gua kecewa dan sakit lagi?Gua bener – bener udah ketipu, ternyata lo hanya maen – maen! Mau lo apa?? 2x hati gua hancur oleh orang yang sama,dan gua bodoh karna tergoda oleh kehadiran lo yang seakan –akan memberi gua harapan besar akan cinta gua dulu. Padahal gua hampir 100% melupakan lo!. “ Jawab Rei dengan kerasnya yang sedikit bergetir. Lalu kami pun sama –sama terdiam sesaat, hening… sehening malam ini di jalan Alteri Pondok Indah, yang cukup lengang karna hampir lewat tengah malam.
“Rei…,aku minta ma`af. Ini smua memeng salahku, tak seharusnya aku datang dan mengusik kebahagianmu. Aku tak tahu kalo saat itu kamu sudah bersama Doni dan hampir menikah dalam waktu dekat ini.” Kataku memberanikan diri memecahkan keheningan.
“Lantas?walau Lo tahu kenapa masih mendekatiku?kenapa Lo seolah – olah tak peduli dengan statusku, dan....”Jawabmu. “Cukup Rei!” potongku cepat sedikit membentak, ku lihat dia sedikit terkejut. “ Dia yang terbaik u/mu, lupakan Aku! Aku memamg bere ngsek, aku minta maaf...”lanjutku dan kembali melajukan mobil mengantarkan Rei pulang.
Aku tahu hati Rei pasti sangat terluka, maafkan aku Rei karna telah mengecewakanmu untuk ke – 2x nya. Maaf kalo aku tlah bohong tentang perasaan hatiku,
Sungguh Rei aku benar – benar mencintaimu! Betapa aku ingin berbagi kasih sayang denagnmu, melewati hari suka dan duka bersamamu,mengukir sebuah kenangan manis untuk cerita kita dia hari tua . Tapi Doni lebih membutuhkanmu dan akupun belum tentu bisa membahagiakan Rei seperti yang telah Doni berikan. Manusia macam apa aku ini jika tetap mengikuti egoku,aku bahagia diatas penderitaan oarng lain tapi aku juga menderita. Aku malu pada diriku terlebih setelah Doni memgatakan rasa simpatinya pada Rei. “Saat dia datang aku sama sekali tak tertarik padanya hanya saja aku melihat Rei beda dari wanita biasanya terlebih dari umurnya uang masih muda. Kuakui dia tak secantik mantan – mantanku dulu bahkan sangat jauh berbeda. Dia mau bergaul dengan siapa pun, tak pernah membedakan seseorang dari status sosialnya. Dia bilang yang menentukan tinggi rendahnya derajat manusia hanyalah amal dan ketaqwaanya pada sangat pencipta. Dia itu berteman dengan anak jalanan , orang jompo, cacat fisik maupun mental dan dia slalu terlihat riang bahagia bersama mereka. Baru – baru ini dia kehilangan temennya yang cacat fisik tapi dia sangat pandai dalam berbagai bahasa. Dia menangis sedih luar biasa, dia bilang dia tlah kehilangan 10 guru mentalnya sampai sekarang dia masih mengunjungi makamnya.” Aku jadi ingat waktu SMU dulu. Walau kami bersekolah di Bogor Rei tetap peduli dengan sodara – sodaranya di Jakarta yang terkena banjir besar . Dia mengusulkan pada ketua MPK untuk menggalang dana dengan meminta bantuan Group Nasyid sekolah untuk mengelilingi kelas meminta kerelaan kawan – kawannya untuk menyisihkan uang jajan mereka. Dan itu hasilnya luar biasa sampai – sampai muncul berita di koran Pakuan. Rei memang sangat peka terhadap lingkungan sosialnya. Dan itu semakin membuatku tak pantas untumu ”Please for give me, Rei”
Pagi ini begitu cerah, udara Jakarta agaknya sejuk. Tapi aku malas sekali untuk bangun pagi, kalo bukan karna dari tadi mungkin dari 1/2jam lalu mengetuk pintu apartemenku. Denagan langkah malas dan masih terkantuk – kantuk aku membuka pintu dan betapa terkejutnya aku saat membukanya. Karna Rei yang datang sepagi ini lengkap dengan kebaya putih sangat cantik bagai bidadari, aku pun tersenyum lembut menyambutnya dan kupersilahkan dia masuk.
”Sorry aku nganggumu sepagi ini. Aku hanya ingin memastikan perkataanmu minggu lalu, hari ini aku akan menikah tapi semuanya belum terlambat kalo kamu ingin aku membatalnya , jika kamu....”kata Rei dengan suara yang lembut.
“Stop Rei! Jangan kamu lakukan itu aku yakin kamu akan bahagia. Lupakan aku! Aku pasti mendoakanmu.Tapi aku berterimakasih sama kamu karna tak melepaskan cincin dariku.”Potongku cepat seraya menggenggam tangan Rei yang terasa lembut sekali. Rei pun membalas dengan sebuah senyumnya. Lalu dia melepaskan cincin itu,ingin ku cegah tapi Rei dengan cepat menahanku, dilepaskannya cincin itu dari jari tengahn tangan kirinya lalu diberikannya padaku, ya kupikir begitu tapi aku salah. Saat aku ingin meraihnya Rei menjatuhkan dengan tatapan mata yang tajam dan sebuah senyuman sinis terurai dari bibirnnya. Dia menatapku penuh kebencian yang mendalam sebelum akhirnya kamu pergi meninggalkan luka di hati. “ Maafkan aku Rei, semoga kamu bahagia”
Kulihat dari jauh acara akad nikahmu,saat kedua pengantin keluar dari masjid UI yang telihat adalah senyuman dan tawa bahagia dari keduanya. Tak sedikitpun terpancar wajah sedih dari Rei,dan pada akhirnya kehadiranku yang sembunyi – sembunyi ini ketahuan juga.
Dengan ditemani Dito yang separtinya kesal mengajakku pulang saja. ”Ngapain sih lo disini terus, dia udah bahagia sekarang “ Kata Dito Tapi aku cuek saja. Kemudian Rei dan Doni datang menghampiri kami seraya berkata “ Maz, gimana menurutmu ? kita serasikan ?”Sapamu penuh kebahagian dan kepuasan membalaskan sakit hatimu. Dan baru saja aku ingin mengatakan ya tiba – tiba aku mendapatkan kejutan besar. Rei mencium Doni atau lebih tepatnya mereka berciuman tepat dihadapan ku. Lalu kalian pun pergi meninggalkanku. Dan aku masih sempat mendengar tawa yang keluar dari mulut mereka. Rasa sakit dihatiku lengkap sudah, menyaksikan kasih tercinta menjadi milik orang lain u/ selamanya dan sebuah penghinan dari Rei yang dengan puasnya berciuman mesra di hadapanku, samapai – sampai aku tak sadar bunga mawar yang ku bawa untuknya sebagai tanda kasih terakhir , telah meneteskan darah dari tangan ku. Aku meremasnya dengan keras, entah mana yang lebih menyakitkan Bunga Mawar ini , Rei atau takdirku. Aku pun pulang bersama Dito ke Bandung dengan di iringi lagu milik Rossa” Aku Bukanlah untukmu”. Memang dari dulu ”mawar itu indah tapi apapun sebutan dan seindah apapun mawar tetaplah berduri” Tapi bagiku jazz tetap mempunyai cahayanya sampai kapanpun.


*************

RAMDHANEOZ

Jumat, 10 Juli 2009

Industri Grafika

1. Ruang Lingkup Teknologi Grafika

Grafika adalah suatu teknik atau cara penyampaian pesan, gagasan, informasi, pikiran, kesan perasaan melalui penggandaan dengan cara dicetak dan disajikan kepada khalayak. Grafika merupakan teknologi yang memungkinkan hasil pikiran-pikiran tokoh ratusan bahkan ribuan tahun lalu sampai kepada kita berupa hasil cetakan. Karena jasa
grafika juga, maka segala urusan manusia modern dipermudah atau sudah merupakan suatu mekanisme yang tidak mungkin ditinggalkan sejak sebelum lahir sampai ke liang lahat. Bahkan beberapa tahun setelah manusia di alam kubur masih memerlukannya, terutama yang berkenaan dengan kontrak tanah pemakaman. Mulai dari bungkus korek
api, ijazah, buku rapor, surat kabar, majalah, buku pelajaran, koran, majalah, sertifikat, surat keterangan, surat nikah, perangko, brosur, folder, spanduk, company profile, formulir, tiket, meterai, uang kertas, faktur, kuitansi, STNK, surat pajak, KTP, paspor, dokumen perdagangan, peraturan, kemasan (kertas, karton, kaleng, plastik, dll) sampai ke poster dan bentuk cetakan dengan ukuran besar, surat-surat berharga yang dipergunakan pada bank-bank, dan sangat banyak jenis, bentuk, jumlah barang cetakan di masyarakat.semua adalah hasil karya manusia yang hanya bisa diwujudkan melalui teknologi grafika. Industri grafika/percetakan di Indonesia sampai saat ini masih belum mampu menyetarakan diri dengan standar mutu industri grafika internasional, khususnya Asia dan Australia. Akibatnya, industri grafika Indonesia belum mampu berperan dalam menjawab tantangan pasar global. Dengan kata lain belum "Go International" Salah satu penyebabnya karena masih belum terpenuhinya sumber daya manusia(SDM) yang kompeten.

Perubahan teknologi grafika terutama di pracetak sangat revolusioner. Perubahan software maupun hardware hampir dalam hitungan bulan. Teknologi desk top publishing (DTP) yang belum lama berkembang, meluas ke computer to film, computer to plate, computer to press, dan print on demand. Sejalan dengan perkembangan tersebut, teknologi cetak konvensional mulai bergeser ke arah digital print. Perkembangan teknologi dan pasar grafika yang terus berubah cepat menjadikan para pelaku industri tersebut tertuntut harus bisa menyesuaikannya. Faktor waktu memang menjadi daya tarik bagi industri grafika, di samping juga tarif yang murah. Harga pokok produksi
bisa ditekan dengan penggunaan alat berteknologi terbaru. Kemajuan teknologi informasi sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan teknologi cetak mencetak, sehingga di mana pun kita berada selalu menatap dan menggunakan barang cetakan.

Gambaran umum fungsi dan jenis barang cetakan yang demikian banyak dan bervariasi menuntut industri grafika melengkapi peralatan yang memadai dari kualitas dan kuantitasnya, serta kesiapan sumber daya manusianya sebagai penentu keberhasilan produksi.